Seni Pemrograman Data Warehouse dengan Pentaho

 Seni Pemrograman Data Warehouse dengan Pentaho

Data Warehouse sangat penting bagi perusahaan yaitu untuk mempermudah dalam pembuatan aplikasi DSS dan EIS sebagai dasar dalam pengambilan keputusan

Sri Redjeki & Yosef Murya

Dalam konteks Data Warehouse, terdapat istilah data warehousing. Secara teori, misalkan website layanan download seperti 4shared.com menyediakan berbagai data yang dapat didownload oleh user (dalam artian download memindahkan data lebih dekat ke user dan dengan demikian meningkatkan kegunaan potensial bagi user). Namun sayangnya, meskipun satu atau dua situs download (4shared.com dan filehippo.com) dapat dikelola tanpa masalah, masalah manajemen data menjadi masalah yang sangat besar jika setiap departemen ingin memiliki sumber data download-nya sendiri. Berkaitan dengan masalah ini, organisasi mulai mencari beberapa cara dalam penyediaan suatu layanan yang memiliki standarisasi untuk memindahkan data ke user dan membuatnya lebih berguna. Layanan inilah yang disebut dengan Data Warehousing. Layanan tersebut harus mengandung suatu nilai informasi yang pada akhirnya dapat digunakan untuk menyediakan suatu perspektif data bagi analisa dan pengambilan keputusan.

Buku ini dihadirkan secara praktis untuk mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin belajar dan menyembangkan ilmu tentang Data Warehouse, yang dilengkapi Ilustrasi menarik, langkah demi langkah dan studi kasus sehingga dapat memahami konsep Data Warehouse untuk melakukan analisa dan proses pengambilan keputusan.

0 Reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 5 =

Secured By miniOrange